KELEBIHAN DAN KEKURANGAN SISTEM
INFORMASI MANAJEMEN PADA ORGANISASI PUBLIK DAN SWASTA
A. Organisasi Publik
1. Kelebihan
Sistem Informasi Manajemen pada Organisasi Publik
Kelebihan Sistem
Informasi Manajemen Kepegawaian dalam Organisasi Publik. Pelaksanaan kegiatan
Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian tidak hanya terbatas pada pengoperasin
program untuk memasukkan data, tetapi harus didukung dengan daya kerja yang
efisien dan akurat sehingga memiliki manfaat :
ü Pelacakan
informasi data seorang pegawai akan mudah dan cepat.
ü Pembuatan
laporan yang bersifat rutin dan berkala akan cepat dan mudah dikerjakan.
ü Mengetahui
gambaran tentang nama-nama pegawai yang akan pensiun di masa mendatang.
ü Mengetahui
gambaran tentang nama-nama pegawai yang akan naik pangkat dan mengetahui daftar
kenaikan gaji berkala di masa mendatang.
ü Memudahkan
suatu pekerjaan yang berhubungan dengan kepegawaian.
ü Mendapatkan
informasi tentang keadaan pegawai dengan cepat dan akurat.
ü Mengetahui
dan merencanakan penyebaran pegawai.
ü Merencanakan
penerimaan pegawai baru
Sistem Informasi
Manajemen Kepegawaian (SIMPEG)
SIMPEG
(Sistem Informasi Manajemen Pegawai) didefinisikan sebagai Sistem Informasi
terpadu, yang meliputi pendataan pegawai, pengolahan data, prosedur, tata
kerja, sumber daya manusia dan teknologi informasi untuk menghasilkan informasi
yang cepat, lengkap dan akurat dalam rangka mendukung administrasi kepegawaian.
SIMPEG
sebagai aplikasi penyedia informasi kepegawaian menangani manajemen data
kepegawaian yang memiliki banyak kelebihan dengan kemampuan sebagai berikut:
ü Pemrosesan
data informasi kepegawaian yang cepat dengan komputerisasi pemrosesan data dapat
dilakukan dengan cepat.
ü Informasi
yang diproses akurat karena adanya berbagai validasi dan control.
ü Informasi
yang disampaikan lebih ringkas dan dapat dicari dengan cepat karena tersimpan
dalam media penyimpanan yang dapat diakses setiap saat.
ü Informasi
lebih terjamin keamanannya, dengan adanya validasi pemakai dan level tingkat
pemakai, sehingga hanya pemakai yang berhak saja yang bisa menggunakan
informasi kepegawaian.
ü Pemeliharaan
informasi kepegawaian relatif mudah dan sederhana serta dapat digunakan untuk
mengukur kinerja pegawai dalam mengolah dan menjalankan proses-proses
kepegawaian.
Aplikasi
SIMPEG dirancang untuk membantu dan mempermudah tugas-tugas pegawai yang
berkaitan dengan kepegawaian, antara lain :
ü Menyediakan
informasi kepegawaian yang cepat, tepat, akurat dan up to date
ü Menyediakan
proses pencarian data berdasarkan kriteria-kriteria tertentu
ü Melakukan
tugas-tugas rutin update data kepegawaian, misalnya update data kegiatan
pegawai, meng-upload dan mengelola dokumen kegiatan ataupun berkas usulan,
menangani kenaikan pangkat, penilaian angka kredit, kenaikan jabatan,
penanganan surat masuk dan keluar.
ü Transfer
data kepegawaian antar bagian.
Untuk
memanfaatkan aplikasi SIMPEG membutuhkan validasi user setiap kali menjalankan
SIMPEG. Proses ini dilakukan dengan cara login yang merupakan gerbang user
untuk masuk ke dalam sistem. Dengan menu login maka informasi lebih terjamin
keamanannya sehingga hanya pemakai yang berhak saja yang dapat menggunakan
informasi kepegawaian.
Pada
umumnya SIMPEG mencakup proses yang berkaitan dengan perencanaan pegawai,
administrasi pegawai, evaluasi kinerja pegawai, pendidikan dan pelatihan, dan
pensiun.
2. Kekurangan
Sistem Informasi Manajemen pada Organisasi Publik.
Secara
teknis beberapa kelemahan yang masih dihadapi oleh sebagian organisasi
pemerintah daerah ialah :
ü Belum
adanya dokumentasi mengenai bagan arus ringkasan (summaryflow
chart) yang memperlihatkan aliran/arus data sejak data mentah sampai
dengan informasi tercetak. Persoalan ini kelihatannya sederhana, tetapi
terkadang bisa menyulitkan pihak manajer dalarn mengawasi arus informasi yang
terdapat dalam organisasi yang dipimpinnya.
ü Lemahnya Data
Management Systems. Ini terbukti dari belurn adanya standar operasi yang
baku, munculnya ekses overflow reporting, redundancy yang tidak
efisien dan sebagainya.
ü Prosedur
untuk melihat data secara insidental masih terlalu lama. ini barangkali
disebabkan karena banyak Kantor PDE yang tidak menggunakan sistem database
relasional yang lebih efisien sehingga direct access sulit dilakukan.
ü Tata‑ruang
perkantoran masih kurang memadai. Ruang untuk kegiatan‑kegiatan ketatausahaan
(tulis‑menulis), operasi komputer, atau penyortiran data masih bercampur‑baur
sehingga pekerjaan menjadi kurang sistematis.
ü Untuk
perawatan mesin atau perangkat keras, organisasi masih menggantungkan diri
kepada pihak pemasok dengan sistem kontrak per tahun. Akibatnya kalau ada
kerusakan‑kerusakan teknis, sekalipun sangat sederhana, tidak bisa segera
diatasi sendiri oleh para pegawai. Kelemahan seperti ini masih umum dihadapi
oleh organisasi‑organisasi pemerintah di daerah.
1. Kelebihan
Sistem Informasi Manajemen pada Organisasi Swasta
ü Meningkatkan Efisiensi Operasional
Investasi di dalam teknologi sistem informasi dapat menolong
operasi perusahaan menjadi lebih efisien. Efisiensi operasional membuat
perusahaan dapat menjalankan strategi keunggulan biaya low-cost leadership.
Dengan menanamkan investasi pada teknologi sistem informasi,
perusahaan juga dapat menanamkan rintangan untuk memasuki industri tersebut (barriers to entry) dengan jalan
meningkatkan besarnya investasi atau kerumitan teknologi yang diperlukan untuk
memasuki persaingan pasar. Selain itu, cara lain yang dapat ditempuh adalah
mengikat (lock in) konsumen
dan pemasok dengan cara membangun hubungan baru yang lebih bernilai dengan
mereka.
ü Memperkenalkan Inovasi Dalam Bisnis
Penggunaan ATM. automated
teller machine dalam perbankan merupakan contoh yang baik dari
inovasi teknologi sistem informasi. Dengan adanya ATM, bank-bank besar dapat
memperoleh keuntungan strategis melebihi pesaing mereka yang berlangsung
beberapa tahun.
Penekanan utama dalam sistem informasi strategis adalah
membangun biaya pertukaran (switching
costs) ke dalam hubungan antara perusahaan dengan konsumen atau
pemasoknya. Sebuah contoh yang bagus dari hal ini adalah sistem reservasi
penerbangan terkomputerisasi yang ditawarkan kepada agen perjalanan oleh
perusahaan penerbangan besar. Bila sebuah agen perjalanan telah menjalankan
sistem reservasi terkomputerisasi tersebut, maka mereka akan segan untuk
menggunakan sistem reservasi dari penerbangan lain.
ü Membangun Sumber-Sumber Informasi
Strategis
Teknologi sistem informasi memampukan perusahaan untuk
membangun sumber informasi strategis sehingga mendapat kesempatan dalam
keuntungan strategis. Hal ini berarti memperoleh perangkat keras dan perangkat
lunak, mengembangkan jaringan telekomunikasi, menyewa spesialis sistem
informasi, dan melatih end users.
Sistem informasi memungkinkan perusahaan untuk membuat basis
informasi strategis (strategic
information base) yang dapat menyediakan informasi untuk mendukung
strategi bersaing perusahaan. Informasi ini merupakan aset yang sangat berharga
dalam meningkatkan operasi yang efisien dan manajemen yang efektif dari
perusahaan. Sebagai contoh, banyak usaha yang menggunakan informasi berbasis
komputer tentang konsumen mereka untuk membantu merancang kampanye pemasaran
untuk menjual produk baru kepada konsumen.
Fungsi dari sistem informasi tidak lagi hanya memproses
transaksi, penyedia informasi, atau alat untuk pengambilan keputusan. Sekarang
sistem informasi dapat berfungsi untuk menolong end user manajerial membangun senjata yang menggunakan
teknologi sistem informasi untuk menghadapi tantangan dari persaingan yang
ketat. Penggunaan yang efektif dari sistem informasi strategis menyajikan end users manajerial dengan
tantangan manajerial yang besar.
2. Kekurangan Sistem Informasi
Manajemen
Kekurangan Sistem
Informasi Manajemen pada Organisasi Swasta adalah dapat memberikan dampak bagi
lingkungan sosial seperti pengurangan tenaga kerja, sehingga dapat menambah
angka pengangguran. Selain itu dengan adanya SIM tersebut membuat
ketergantungan manusia terhadap SIM tersebut,, sehimgga mengesampingkan
rasionalitas manusia itu sendiri.
SUMBER REFERENSI
PERBEDAAN
WEBSITE ORGANISASI PUBLIK DENGAN ORGANISASI
SWASTA
1.
Organisasi
Publik
Warna
|
Website resmi dari pemerintahan Indonesia ini di dominasi
oleh warna merah dengan tulisannya juga dan sebagian tulisan memakai tulisan
hitam.
|
Letak
|
Letak menu-menu lumayan baik,
dengan tujuh pilihan utama dibagian atas atau diabawah header, bagian
kiri atas ada video yang menampilkan tentang Indonesia, dan bagian tengah
terdapat berbagai informasi mengenai berita terkini Indonesia beserta
gambarnya.
|
Filosofi
|
Filosofi mengenai website ini
adalah tampilannya yang berwarna merah merupakan bagian dari bendera Negara
Indonesia, dan memakai lambang garuda pancasila sebagai simbol dari jati diri
negara Indonesia dan semboyan Bhineka Tunggal Ika.
|
Fasilitas yang Ada
|
Terdapat fasilitas yang cukup
memadai dari website ini, dimana terdapat menu mengenai info tentang
Indonesia, informasi tentang Presiden dan Wakilnya, Kabinet Indonesia bersatu
jilid II, produk hukum, pidato, istana. Informasi tersebut bisa diakses siapa
saja yang ingin mengetahui lebih jauh tentang Negara Indonesia.
|
Contoh
Aspek : http://www.komisihukum.go.id
Warna :
Website ini memilki warna dominan biru,ada warna merah pada bagian atas
tampilan.
Konten :
Isi pada website ini ada halaman Utama, Galeri Kegiatan, Suara Pembaca,
Link-link resmi pemerintah lainnya, dan berita-berita seputar Hukum.
Gambar :
Pada website ini terdapat foto kegiatan – kegiatan dari komisi hukum, lambang
negara (burung garuda), simbol – simbol dari hukum (palu hakim,buku undang -
undang) dan gedung dari komisi hukum tersebut.
2.
Organisasi
Swasta
Aspek
|
|
Warna
|
Website resmi PT Pertamina ini di
dominasi oleh warna biru muda sebagai backgroundnya, dengan tulisan warna
biru dan merah.
|
Letak
|
Letak dari menu cukup baik dengan
desain website yang sederhana, dan dibagian atas terdapat gambar mengenai
pertamina yang setiap detiknya bisa berganti-ganti.
|
Filosofi
|
Website ini menggunakan logo
pertamina dibagian kanan atas dimana itu mengindikasikan sebagai perusahaan
milik Indonesia.
|
Fasilitas yang Ada
|
Terdapat beberapa pilihan menu
utama yang dapat diakseses pengunjung unuk mengetahui mengenai produk apa
saja yang ada di perttamina ini
|
Contoh
Aspek : http://www.nestle.co.id/
Warna : Warna dasar putih dengan dominan
warna biru
Layout :
Tidak terdapat gambar pada background. Namun dalam situs terdapat tampilan lambang dari perusahaan tersebut.
Fasilitas yang harus ada : Semua fasilitas telah ada dalam situs
ini.
Posisi menu dan berita :
Dalam website ini posisi menunya ada dibagian atas,dan bagian samping kanan.
berita terdapat pada bagian tengah tampilan. dan terdapat bagian iklan dalam
tampilan sebelah kanan.
Aspek
: http://www.unilever.co.id/
Warna
: Warna dasar putih dengan warna – warna tulisan yang variatif. Dan terdapat
variasi warna oranye-pink dan biru.
Layout :
Terdapat background, mungkin lambang dari perusahaan. Hanya background tersebut
hanya berada pada tampilan bagian atas web.
Fasilitas yang harus ada : Dalam website ini sudah ada fasilitas
semuanya.
Posisi menu dan berita :
Posisi menu dalam website ini ada dibagian atas, dan posisi berita juga ada
dibagian atas,jika di klik news info baru akan muncul.
SUMBER REFERENSI
0 komentar:
Posting Komentar